Senin, 24 Juni 2013

Kue Ulang Tahun dan Lilin


Hari ulang tahun adalah momen yang ditunggu-tunggu orang dalam hidupnya, dalam 360 hari ada 1 hari yang pasti diingat, ya hari ulang tahun. Berbagai cara dilakukan orang untuk merayakan ulang tahun, dari perayaan yang sederhana, sampai pesta mewah menyelenggarkan undangan. Perayaan ulang tahun tak bisa dilepaskan dari kue ulang tahun yang di atasnya ditaruh lilin berjumlah sesuai dengan tambahnya usia kita.

Konon perayaan ulang tahun berasal dari Jerman, menyalakan lilin di atas kue ulang tahun sebagai simbol “terangnya kehidupan” dari segala godaan duniawi. Seperti pohon natal yang di kasih lampu penerang, sebenarnya pohon itu simbol nafsu yang ada di dalam diri manusia dan lampu disana simbol dari cahaya Tuhan yang akan membimbing manusia. Jadi pada awalnya peringatan ulang tahun lebih kepada alasan keagamaan. Namun pada perkembangannya, ulang tahun sekarang dilakukan oleh setiap orang.

Ulang tahun diselenggarkan merupakan salah satu cara mengungkapkan syukur sekaligus mengingatkan bahwa usia kita bertambah satu tahun. Momen ini biasanya digunakan sebagai evaluasi diri, menyusun rencana satu tahun ke depan agar usia yang diberikan oleh Tuhan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Mengundang teman-teman untuk makan serta berdoa bersama juga bisa diartikan sebagai ucapan rasa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan kepada kita selama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar